Pengaruh Tingkat Bunga dan Simpanan Anggota Terhadap Jumlah Pemberian Kredit Pada Koperasi Simpan Pinjam di Kabupaten Parigi Moutong

  • rahmawati Amik Tri Dharma Palu
Keywords: Tingkat Bunga, Simpanan Anggota, Jumlah pemberian kredit, Koperasi Simpan Pinjam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterkaitan antara tingkat bunga dan simpanan anggota sehingga tingkat pertumbuhan Koperasi terus mengalami peningkatan dari tahun ketahun, dimana sumbernya berasal dari pemberian pinjaman atau kredit terhadap anggota.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Jenis data hasil penelitian dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu data kuantitatif dan kualititif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tanda koefisien regresi yang negatif menggambarkan bahwa tiap penurunan tingkat  bunga akan meningkatkan jumlah pemberian kredit pada koperasi. Berdasarkan hasil persamaan regresi yang diperoleh dan telah diuraikan sebelumnya, maka dapat diketahui bahwa secara serempak berpengaruh  signifikan, dan keduanya merupakan faktor yang dapat mempengaruhi besarnya jumlah pemberian kredit pada koperasi simpan pinjam. Namun pengaruh yang diberikan oleh kedua variabel secara tidak langsung dan berlawanan arah, yaitu perkembangan jumlah pemberian kredit tidak diikuti oleh perkembangan simpanan anggota. Hal ini disebabkan jika hanya mengandalkan simpanan anggota dan bunganya saja, maka akan lambat sekali perkembangan koperasi simpan pinjam tersebut. Oleh karena itu ada faktor-faktor tertentu yang digunakan untuk mempercepat peningkatan kemampuan dalam pemberian kredit.

References

Arifinal, Chaniago. 2006. Perkoperasian di Indonesia : Angkasa, Bandung.
Direktorat Jenderal Fasilitas Pembiayaan dan Simpan pinjam, 1999. Petunjuk Teknis Pemantauan Dan Analisa Laporan Keuangan Koperasi Simpan Pinjam Dan Simpan Pinjam, Jakarta
Djumhana, Muhamad. 2000. Hukum Perbankan di Indonesia, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.
Frank J.Fabozzi, Franco M, Michael G, 1999, Pasar dan Lembaga Keuangan, Salemba Empat, (terjemahan: Chaerul djakman), Jakarta.
Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Universitas Dipenogoro, Semarang.
H. Budi Untung.2005. Kredit Perbankan di Indonesia. Yogyakarta
H. Hadiwidjaja dan Rivai Wirasasmita. 1993. Beberapa Segi, Mengenai : Perkreditan. CV. Pionir Jaya, Bandung
H.Veithzal Rifai dan Andria Permata Veithzal. Credit Management Handbook, PT Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Hendrojogi .2002. Koperasi Asas-asas, Teori dan Praktek. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Hendar dan Kusnadi. 2005, Ekonomi Koperasi, edisi kedua, Lembaga Penerbit FE-UI, Jakarta.
Kasmir. 2002, Dasar-Dasar Perbankan, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Kasmir. 2002, Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Ninik Widiyanti dan Sunandhira. 1992, Koperasi dan Perekonomian di Indonesia, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Nurdin, N., Azizah, W. N., & Rusli, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan,Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Finansial Technology (Fintech) Pada Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 2(2), 199-222.
Nurdin, N., Musyawarah, I., Nurfitriani, N., & Jalil, A. (2020). Pengaruh Pelayanan Mobile Banking Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palu) Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 2(2), 87-104.
Paul A.Samuelson dan William D. Nordhaus, 2004, Ilmu Makro Ekonomi, PT. Media Global Edukasi, (terjemahan: Margaretha sumaryati), Jakarta.
Ridwan Sundjaja dan Inge Barlian,. 2002,. Manajemen Keuangan, Buku 1, Edisi 4, PT.Ikrar Mandiri Abadi, Jakarta.
Rimsky K Judiseno, 2002. Sistem Moneter dan Perbankan di Indonesia, PT Gramedia, Jakarta.
Soemarso S.R, 2005, Akuntansi Suatu Pengantar, Edisi Lima (Revisi). Salemba empat:Jakarta.
Satuan Kerja Dinas Perindagkop Prop.sulteng. 2007, Serial Buku Panduan Koperasi : Koperasi Untuk Pemberdayaan Usaha Kecil dan Mikro.
Sugiyono, 2006, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.
Suhardjono, 2003, Manajemen Perkreditan Usaha Kecil dan Menengah, UPP AMP YKPN, Yogyakarta.
Suyatno, Thomas. 1993. Dasar-Dasar Perkreditan, PT. Gramedia, Jakarta.
Weston Fred Dan Brigham, 1993, Manajemen Keuangan : Managerial Finance, Edisi 7, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.


Bacaan Lain :
Departemen Koperasi Pengusaha Kecil dan Menengah RI.1992. Undang-undang No.25 tahun 1992 Tentang Perkoperasian.
Fadly, Abdul Wahid, 2007, Analisis Pengaruh Variabel Ekonomi Makro Indonesia Terhadap Indeks Harga Saham Sektor Manufaktur Di Bursa Efek Jakarta, Skripsi, Universitas Tadulako, Palu.
Hasrul karumpa 2010, Pengaruh Tingkat Suku Bunga Dan PDRB Terhadap Jumlah Investasi Di Sector Industry Kecil Dan Menengah Di Kota Palu Periode 2001-2007, Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako.
Keputusan Negara Koperasi dan UMKM RI, No:96/Kep/M.KUMKM/IX/2004, Tentang Pedoman Standar Operasional Manajemen Koperasi Simpan Pinjam Dan Unit Simpan Pinjam.
Nanang budianto, 2005, Pengaruh Pemberian Kredit Produksi Terhadap Pendapatan Anggota Koperasi Banjar Artha Sarana (Bathara) Di Kabupaten Banjarnegara Tahun 2004, Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
Peraturan Pemerintah Nomor 9 Tahun 1995 Tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam oleh Koperasi.
Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong Dinas Koperasi dan UMKM, Tentang Kinerja Pemberdayaan Koperasi Dan UMKM Tahun 2009.
Rani 2010, Pengaruh Modal Simpanan Dan Hutang Terhadap Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Pegawai Negeri Di Kota Palu., Skripsi,
Published
2021-06-30
Section
Articles