Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) Gopay Pada Generasi Milenial Di Kota Palu

  • Raihanah Basalamah UIN Datokarama Palu
  • Nurdin Nurdin UIN Datokarama Palu
  • Ahmad Haekal UIN Datokarama Palu
  • Noval Noval UIN Datokarama Palu
  • Abdul Jalil UIN Datokarama Palu
Keywords: Persepsi kemudahan, risiko, minat, Financial technology, gopay, milenial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi kemudahan dan risiko terhadap minat penggunaan fintech gopay pada generasi milenial di kota Palu. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Populasi penelitian merupakan generasi melenial yang ada di Kota Palu dengan jumlah 180.724. Sampel penelitian ini berjumlah 100 dengan teknik aksidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup yang di analisis menggunakan metode regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serempak persepsi kemudahan dan risiko mampu menjelaskan perubahan terhadap minat menggunakan fintech gopay. Namun secara parsial hanya persepsi kemudahan yang berpengaruh Sig.nifikan terhadap minat menggunakan fintech gopay, sementara risiko tidak berpengaruh Sig.nifikan. Hal ini disebabkan oleh generasi melenial tidak mementingkan risiko dalam melakukan pengambilan keputusan, hasil ini didukung oleh teori dari valensi dimana konsumen meminimalkan risiko terhadap penggunana suatu produk dan jasa. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa aplikasi gopay dianggap mudah dan memiliki risiko yang kecil. Berdasarkan hal tersebut maka disarankan bagi penelitian selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini, menggunakan variabel yang tidak diteliti oleh peneliti dan mengembangkan penelitian ini dengan memilih objek yang lebih luas. Dengan mengangkat topik yang sama namun dengan menambahkan variabel agar dapat menggambarkan minat penggunaan fintech.

References

Prakosa, A., & Wintaka, D. J. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat penggunaan ulang e-wallet pada generasi milenial di daerah istimewa yogyakarta. Bisman (Bisnis Dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 3(1), 72-85.

Ariani, Z. M. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Keamanan, Dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Line Pay. In Prosiding Conference On Management and Behavioral Studies (pp. 457-467).

Bank Indonesia (Bi) “Mengenal Finasial Teknologi)”https://www.bi.go.id/id/edukasi/Pages/mengenal-FinancialTeknologi.aspx. posted 1 desember 2018

Burhanuddin, C. I., & Abdi, M. N. (2019). Tingkat pemahaman dan minat masyarakat dalam penggunaan fintech. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 3(1), 21-27.

Cania, S. C. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan layanan go-pay pada pelanggan maupun pengemudi go-jek.

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS quarterly, 319-340.

Yarli, D. (2018). Analisis akad Tijarah pada transaksi fintech syariah dengan pendekatan maqhasid. YUDISIA: Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 9(2).

Dwityanti, E. (2008). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli konsumen terhadap layanan internet banking mandiri studi kasus pada karyawan departemen pekerjaan umum jakarta (Doctoral dissertation,program Pascasarjana Universitas Diponegoro).

Fuady, M. (2012). Pengantar Hukum Bisnis (Menata Bisnis di era Modern), PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Haidari, M. B., & Tileng, K. G. (2018). Analisa Faktor-Faktor Berpengaruh pada Penggunaan Go-Pay. Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi (JUISI) Universitas Ciputra, 4(01), 10-15.

Irkham, A. (2020). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prilaku Konsumtif Mahasiswa Pengguna Electronic Wallet (E-Wallet) Di Kota Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Jalil, A., & Hamzah, S. A. (2020). Pengaruh Bagi Hasil Dan Kebutuhan Modal Terhadap Minat Umkm Mengajukan Pembiayaan Pada Lembaga Keuangan Syariah Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Perbankan dan Keuangan Syariah, 2(2), 178-198.

Khadijah, C. (2019). Transformasi perpustakaan untuk generasi millenial menuju revolusi industri 4.0. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi (e-Journal), 12(2), 59-78.

Kementrian agama. (2021). Quran Kemenag,https://quran.kemenag.go.id/sura/10.

Kompas. “Pengguna Smart Phone Tembus Milyar”. Diambil pada 22 Februari 2019, dari Kompas.com: https://tekno.kompas.com 2019. Kota Palu Dalam Angka 2020" (pdf). www.palukota.bps.go.id. hlm. 48. Diakses tanggal 20 Januari 2021.

Laila, I. N. (2020). Analisis Pengaruh Kemudahan, Kenyamanan, Manfaat, Keamanan Dan Risiko Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Yang Menggunakan Mobile Banking Di BRI Syariah Kantor Cabang Tulungagung.

Nadia, F., Sudiadi, S., & Hartati, E. (2021). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat, Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Beli Pada Aplikasi Tokopedia Berbasis Mobile Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(1), 126-136.

Rahmatillah, I., Novirani, D., & Fitri, R. N. (2018). Analisis Pengaruh Perilaku Penggunaan Teknologi Fintech Pada Generasi Millennial Di Kota Bandung.

Strauss, William; Howe, Neil. Millennials Rising: The Next Great Generation.

Cartoons by R.J. Matson. New York, NY: Vintage Original, 2000. 370.

Published
2022-06-30
How to Cite
Basalamah, R., Nurdin, N., Haekal, A., Noval, N., & Jalil, A. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Risiko Terhadap Minat Menggunakan Financial Technology (Fintech) Gopay Pada Generasi Milenial Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 57-71. https://doi.org/10.24239/jiebi.v4i1.93.57-71
Section
Articles